Macam-macam Makanan, Jajanan & Resep Makanan Nusantara Terlengkap

Nasi Boranan Khas Lamongan

 

Gambar : ksmtour.com


Nasi Boranan adalah  makanan tradisional dan khas Lamongan, Jawa Timur. Kata Boranan ini berasal dari tempat nasi yang terbuat dari bambu yang digendong dengan selendang pada punggung, nasi boranan belum banyak dikenal di luar Lamongan karena memang hanya dijual di Lamongan.


Untuk penyajian Nasi Boranan ini berbeda dengan penyajian pada umumnya yang menggunakan kertas makanan yang dilapisi koran dan dibentuk kerucut atau dalam bahasa jawa di pincuk sebagai tempat makanan tersebut. Nasi Boranan terdiri dari Nasi, Bumbu, lauk, rempeyek, sayuran yang dicampur dengan parutan kelapa dan pletuk, banyk pilihan lauk dapat kita pilih seperti daging ayam, jeroan, telur dadar, telur asin, tahu, tempe, aneka ikan panggang, ikan bandeng, ikan kutuk dan ikan sili.


Kuliner Khas Lamongan yang satu ini bisa kita jumpai di trotoar sepanjang jalan Jendral Sudirman mulai dari Lamongan Plaza hingga Stadiun Surajaya Lamongan, setiap hari para pedagang mulai menjajakan dagangannya mulai sore hari hingga malam hari. Nasi ini juga bisa dijajakan secara lesehan di sekitar kawasan pasar-pasar kota di Lamongan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar